Kisi-kisi dan Referensi Ujian Kompetensi Guru ( UKG ) Matematika SMA Th. 2012

INDIKATOR UJI KOMPETENSI GURU MATEMATIKA TAHUN 2012

  1. 1.    Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran matematika yang efektif
  2. 2.    Mengidentifikasi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika
  3. 3.    Mengenali ide atau konsep belajar Piaget atau Vigotsky
  4. 4.    Mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan teori belajar tertentu ( Bruner atau Ausuble )
  5. 5.    Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan pendekatan tertentu ( Pembelajaran Kontekstual atau Pembelajaran Berbasis Masalah )
  6. 6.    Menentukan langkah-langkah menyusun silabus atau RPP
  7. 7.    Menentukan langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian hasil belajar
  8. 8.    Menggunakan kata kerja yang tepat untuk merumuskan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar
  9. 9.    Menentukan urutan penyampaian materi pembelajaran berdasar hierarkhi materi matematika dan kesiapan siswa untuk mendukung pencapaian standar kompetensi tertentu

10. Menentukan aktivitas matematis yang sesuai untuk membantu proses belajar mengajar matematika

11. Menganalisis kegiatan siswa dengan pemberian berbagai latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah

12. Menganalisis kegiatan matematika rekreasi guna mengaktualisasikan potensi siswa

13. Memilih teknik bertanya yang tepat guna mengaktifkan iklim pembelajaran

14. Menerapkan komunikasi yang mendidik pada pembelajaran kooperatif learning

15. Menentukan prinsip penilaian yang diacu pada suatu permasalahan atau kasus pengolahan hasil penilaian proses dan hasil belajar matematika

16. Menentukan teknik penilaian proses hasil belajar pada peristiwa kegiatan pembelajaran

17. Menentukan persyaratan penyusunan instrumen penilaian berdasar suatu kasus/ peristiwa pengembangan instrumen penilaian di satuan pendidikan

18. Menentukan macam tahapan program remidial mengacu standar penilaian

19. Menentukan macam hasil penilaian yang dikomunikasikan/ dilaporkan kepada pimpinan satuan pendidikan untuk diteruskan kepada orang tua/ wali peserta didik berdasarkan tugas pendidik dalam mengelola penilaian mengacu pada standar penilaian

20. Menentukan komponen pembelajaran yang perlu diperbaiki berdasar hasil dari analisis ulangan harian matematika

21. Memilih kegiatan yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi

22. Menentukan komponen pembelajaran yang perlu diperbaiki berdasar hasil refleksi pembelajaran satu kompetensi dasar ( KD ) matematika

23. Menentukan jenis bilangan pada suatu akar kuadrat

24. Meng-aplikasikan teorema sisa dan teorema faktor dalam menyelesaikan masalah matematis

25. Meng-analisis hubungan persamaan polinomial, pembagi dan sisa pembagiannya

26. Meng-identifikasi suatu tautologi

27. Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk

28. Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan lain yang diketahui

29. Menentukan jarak dua titik

30. Menentukan jarak titik ke garis

31. Menyelesaikan masalah terkait volume bangun ruang

32. Menentukan sudut antara garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga

33. Dapat menggunakan konsep rata-rata untuk menyelesaikan masalah

34. Dapat menggunakan aturan permutasi atau kombinasi untuk menyelesaikan masalah

35. Dapat menerapkan konsep peluang kejadian majemuk untuk menyelesaikan masalah

36. Dapat menggunakan deret untuk menyelesaikan masalah

37. Dapat menemukan persamaan invers suatu fungsi

38. Menyelesaikan masalah domain invers matriks atau domain fungsi komposisi

39. Menyelesaikan masalah terkait deret geometri

40. Memfaktorkan suku banyak

41. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua vareabel

42. Menggunakan sifat akar-akar persamaan kuadrat untuk menyelesaikan soal

43. Menentukan invers komposisi dua fungsi

44. Meng-analisis grafik fungsi gradien dari suatu fungsi yang diketahui grafiknya

45. Menghitung luas daerah yang dibatasi oleh dua grafik fungsi yang diketahui beberapa titik yang dilaluinya

46. Menghitung limit fungsi aljabar

47. Menghitung luas daerah yang dibatasi oleh beberapa grafik fungsi

48. Menentukan banyaknya bilangan dengan menerapkan aturan/ kaidah pencacahan

49. Menentukan nilai peluang suatu kejadian majemuk

50. Menentukan dua kejadian saling bebas

51. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri

52. Menggunakan rumus sinis atau kosinus jumlah atau selisih dua sudut

53. Diketahui nilai sinus suatu sudut, guru dapat menghitung nilai tangen sudut lain yang berkaitan dengan sudut tersebut

54. Menggunakan nilai maksimum fungsi trigonometri dalam menyelesaikan masalah

55. Menentukan hasil kali bilangan dengan vektor

56. Menggunakan invers matriks untuk pemecahan masalah

57. Menentukan nilai determinan suatu matriks ordo 3×3

58. Diketahui dua vektor tertentu dan proyeksi skalar salah satu vektor ke vektor lain, guru dapat menentukan nilai kosinus sudut yang diapit oleh dua vektor tersebut

59. Menjelaskan sejarah perkembangan matematika di Arab

60. Memahami perkembangan filsafat matematika

61. Menggunakan alat peraga matematika

62. Meng-analisis penggunaan MS-Excell untuk mengolah data

63. Menentukan kompetensi dasar yang relevan dengan standar kompetensi

64. Meng-analisis indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar

65. Menentukan indikator dari suatu kegiatan belajar yang diberikan

66. Menentukan kegiatan belajar yang relevan dengan level kemampuan siswa

67. Merancang pembelajaran secara kreatif pada pembelajaran suatu topik tertentu

68. Mengolah materi pembelajaran

69. Menelaah konteks sebagai pemicu proses pembelajaran

70. Menjelaskan bentuk tindak lanjut dari kegiatan refleksi atas kinerja seorang guru

71. Menjelaskan tujuan penelitian tindakan kelas ( PTK )

Tujuan PTK :

  1. 1.     PTK dilaksanakan demi perbaikan dan peningkatan praktek pembelajaran secara berkesinambungan , yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi profesional pensisikan yang diemban guru
  2. 2.     Tujuan PTK ialah pengembangan kemampuan dan ketrampilan guru untuk menghadapi permasalahan aktual pembelajaran di kelasnya dan atau di sekolahnya sendiri
  3. 3.     Tujuan penyerta penelitian tindakan kelas ialah dapat ditumbuhkannya budaya meneliti di kalangan guru dan pendidik

72. Mengidentifikasi karakteristik penelitian tindakan kelas ( PTK )

Karakteristik PTK :

  1. 1.     An inquiry of practise from within, berarti penelitian berasal dari permasalahan yang dihadapi guru di dalam kelas
  2. 2.     Self-reflective inquiri, berarti metode penelitian bersumber dari refleksi diri, bersifat agak longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian
  3. 3.     Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran
  4. 4.    PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran secara terus menerus
  5. 73.  Mengidentifikasi aspek yang sesuai pada suatu komponen proposal penelitian tindakan kelas ( PTK )

74. Mengidentifikasi tindakan yang tepat untuk mensikapi atau menghadapi perkembangan jaman

75. Menentukan prosedur pengiriman atau penerimaan/ download file via-email

76. Menggunakan fasilitas drawing MS-Word dalam menggambar bangun-bangun geometri

77. Menggunakan software aplikasi internet untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet

78. Menjelaskan kegunaan berbagai aplikasi internet yang berkaitan dengan pengembangan profesi sebagai guru matematika di SMA 

Referensi : klik ” di sini “ lebih lengkap klik ” di sini “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s