KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/ UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA 2016

KISI-KISI DAN CONTOH SOAL-SOAL UJIAN SEKOLAH/ UJIAN NASIONAL

Mata Pelajaran            :  Matematika IPA

Tahun pelajaran          :  2015/ 2016

A. Materi Aljabar :

(Pangkat Akar dan Logaritma, Fungsi Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers, Persamaan dan Fungsi Kuadrat, Sistem Persamaan Linier dan Pertidaksamaan Linier, Program Linier, Suku Banyak dan Teorema Sisa, Matriks, dan Barisan dan Deret)

  1. Peserta didik dapat menghitung nilai hasil operasi bilangan berpangkat yang memuat pangkat pecahan ( Spesifikasi : berbentuk pecahan, perpangkatan bilangan, dan pengkatnya pecahan )
  2. Diberikan pecahan dengan penyebut berbentuk akar, peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan tersebut ( Spesifikasi : sederhana )
  3. Peserta didik dapat menentukan hasil operasi bilangan dalam bentuk logaritma ( Spesifikasi : Pecahan, pembilang dan penyebut memuat operasi logaritma, dipangkatkan -1, hasilnya bilangan rasional )
  4. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan logaritma
  5. Peserta didik dapat menentukan hasil komposisi dua fungsi
  6. Peserta didik dapat menentukan invers dari fungsi komposisi dari dua fungsi
  7. Diberikan persamaan kuadrat yang memuat koefisien yang belum diketahui, peserta didik dapat menentukan koefisien tersebut  jika hubungan antara kedua akarnya ditentukan.
  8. Diberikan persamaan kuadrat yang memuat koefisien yang belum diketahui, peserta didik dapat menentukan koefisien tersebut jika jenis akarnya ditentukan
  9. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
  10. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah program linier
  11. Diberikan sukubanyak berderajat tiga dengan salah satu koefisien belum diketahui dan dibagi dengan bentuk linier tertentu sisanya diketahui, peserta didik dapat menentukan hasil bagi apabila sukubanyak itu dibagi dengan bentuk linier tertentu.
  12. Diberikan sukubanyak f(x) berderajat tiga dengan dua koefisien belum diketahui, dua bentuk linier tertentu diketahui sebagai faktor, peserta didik dapat menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan f(x)=0.
  13. Diberikan beberapa matriks ordo 2×2 beberapa elemennya memuat variabel, peserta didik dapat menentukan hasil operasi aljabar variabel-variabel tersebut, jika hubungan antara matriks-matriks tersebut diketahui.
  14. Diketahui matriks persegi ordo 2×2, A dan B, peserta didik dapat menentukan invers dari matriks X jika AX=B.
  15. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan deret aritmetika
  16. Peserta didik dapat menentukan rumus suku ke-n dari barisan geometri yang diberikan
  17. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan deret geometri

B. Materi Kalkulus

(Limit, Diferensial/ Turunan dan Integral beserta terapannya)

  1. Peserta didik dapat menghitung nilai limit suatu fungsi aljabar
  2. Peserta didik dapat menghitung nilai limit suatu fungsi trigonometri
  3. Peserta didik dapat menentukan turunan fungsi komposisi berbentuk y = un
  4. Peserta didik dapat menentukan persamaan garis singgung suatu kurva di titik tertentu
  5. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari berkaitan dengan nilai ekstrim
  6. Peserta didik dapat menentukan hasil pengintegralan fungsi aljabar dengan integral parsial
  7. Peserta didik dapat menentukan hasil pengintegralan fungsi aljabar dengan substitusi
  8. Peserta didik dapat menentukan hasil pengintegralan fungsi trigonometri dengan integral substitusi
  9. Peserta didik dapat menentukan hasil integral tertentu fungsi aljabar
  10. Peserta didik dapat menentukan luas daerah yang dibatasi oleh dua kurva

C. Materi Trigonometri, Dimensi-3, Lingkaran, dan Transformasi

(Perbandingan Trigonometri dan Fungsi Trionometri, Aturan Sinus dan Aturan Kosinus, Kedudukan, Jarak, dan Sudut dari Titik, Garis dan Bidang dalam Ruang Tiga Dimensi, Persamaan Lingkaran dan Garis Singgung Lingkaran, dan Transformasi Geometri )

  1. Peserta didik dapat menentukan nilai hasil operasi aljabar yang melibatkan perbandingan trigonometri jumlah/selisih sinus/cosinus
  2. Peserta didik dapat menentukan persamaan grafik fungsi trigonometri yang diberikan
  3. Peserta didik dapat menggunakan aturan sinus dan aturan kosinus untuk menentukan unsur (sisi atau sudut) bangun bidang datar
  4. Peserta didik dapat menghitung luas permukaan suatu bangun ruang
  5. Peserta didik dapat menghitung jarak antara unsur-unsur bangun ruang
  6. Peserta didik dapat menghitung sudut atau perbandingan trigonometri sudut antara unsur-unsur bangun ruang
  7. Peserta didik dapat menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang sejajar/tegak lurus garis tertentu
  8. Peserta didik dapat menentukan bayangan suatu kurva oleh dua transformasi berurutan

D. Materi Statistika dan Peluang

(Statistika, Kaidah Pencacahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi, dan Peluang Kejadian)

  1. Peserta didik dapat menentukan ukuran pemusatan data kelompok
  2. Peserta didik dapat menentukan ukuran letak data kelompok
  3. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan Permutasi
  4. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kombinasi
  5. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan peluang kejadian majemuk pada percobaan sederhana

2 thoughts on “KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/ UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA 2016”

    1. sama ibu, hanya masing2 kota beda tingkat kesulitannya. Misalnya Surabaya kota dan Biak pedalaman tingkat kesukarannya tidak sama, tapi kisi2 sama berlaku scr nasional. Trims telah mengunjungi blog sederhana ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s